Desain Halaman 

Setiap orang pasti mempunyai impian untuk memiliki rumah idaman. Bagi sebagian orang memiliki rumah idaman bukan berarti memiliki rumah yang besar, akan tetapi rumah yang indah,mewah tapi sederhana dan lengkap dengan sebuah taman kecil di halaman atau belakang rumah. Hal ini memang suatu kewajaran, terlebih orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta pasti merasakan bosan dan jenuh dengan rutinitas kesehariannya. Belum lagi dengan adanya polusi udara dan ketersediaan taman yang sudah jarang detemui.

Desain Halaman Depan Rumah Minimalis
Untuk menanggulangi polusi udara, salah satu solusinya adalah dengan penanaman pohon atau taman-taman di tengah kota. Pohon-pohon yang ada di taman, meski pun sedikit mampu menyaring karbondioksida dan menghasilkan oksigen sehingga udara di kota bisa menjadi lebih sejuk.

Ini menjadi hal yang menguntungkan bagi seseorang yang tinggal dikota besar bila mempunyai rumah lengkap dengan taman kecil di halaman atau belakang rumah, selain itu berfungsi untuk menghilangkan stres akibat kegiatan mereka sehari-hari, mempunyai taman dirumah juga bisa membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk, dan nyaman. 

Tapi bila Anda salah satu orang yang tinggal di kota besar dan kesulitan menemukan taman hijau yang layak, jangan khawatir. Solusinya, Anda bisa menciptakan taman Anda sendiri. Caranya, Anda bisa menyulap halaman belakang rumah menjadi taman kecil yang asri. Meski pun taman belakang rumah Anda tidak sebesar taman kota, keberadaan taman belakang rumah Anda mampu membuat udara dirumah Anda menjadi lebih asri, bersih, dan terhindar dari polusi.

Setiap orang yang mempunyai taman rumah, mereka biasanya menyewa jasa tukang kebun untuk merawat dan mengatur taman kecilnya. Untuk Anda yang mempunyai taman kecil dirumah saat ini tidak perlu  menggunakan jasa tukang kebun. Sebab,untuk membuat dan menata taman halaman rumah sesuai selera bisa Anda cari dan temukan di internet. 

Berikut 11 Tips Dan Cara Merawat Halaman Rumah

1. Pencahyaan

Desain Halaman Rumah Unik
Sebagian tanaman ada yang memerlukan pencahayaan supaya dapat tumbuh berkembang. Namun bila terkena cahaya matahari secara langsung juga kurang baik untuk tanaman karena dapat membuat tanaman menjadi kering dan rusak. Gunakanlah atap yang transparan untuk mengurangi pencahayaan sinar matahari yang berlebihan.

2. Berikan Pupuk Alami

Desain Halaman Rumah
Konsultasikan kepada orang yang mengerti tentang bibit tanaman bagaimana cara memberi pupuk yang benar. Pada umumnya tanah yang digunakan diberi pupuk kompos namun sebagian tanaman memerlukan komposisi pupuk yang tertentu suapaya dapat nutrisi dan tumbuh dengan baik.


3. Jaga Kebersihan Halaman

Halaman akan terlihat sejuk dan indah apabila terlihat bersih dan rapi. Oleh sebab itu bersihkan halaman dari rumput yang yang mengganggu dan susunlah tanaman dengan rapi dengan cara memotong helai daun yg telah mati atau kering.

4. Sirami Tanaman Setiap Hari

Desain Taman Depan Rumah
Jangan terlalu lama dan berlebihan saat menyirami tanaman adalah salah satu cara yang benar untuk merawat halaman rumah. Untuk tanaman yang berada di pot, buang dan ganti air yang ada didalamnya dengan air yang baru supaya tanaman tetap segar dan awet.

5. Basmi Hama Dan Serangga

Desain Taman Kecil
Dimana ada tanaman yang subur pasti akan datang hama dan serangga. Periksa dengan teliti pada setiap tanaman apabila terdapat hama dan serangga segeralah bersihkan dan basmi menggunakan obat pembasmi hama dan serangga.

6. Ganti Tanah Dan Pot

Biasanya tanaman yang berada di pot itu tidak bisa tumbuh maksimal meskipun sudah diberi air dan pupuk yang cukup. Solusinya adalah dengan cara mengganti tanah nya dengan yang baru dan pot yang lebih besar dari sebelumnya.

7. Jaga Kelembaban Tanaman Dan Tanah

Desain Taman Rumah Minimalis Modern
Periksa tanaman dan tanah yang berada di halaman ataupun di pot. Apabila terlihat kurang segar pada tanaman dan tanah juga kurang lembab,segeralah sirami dan dan tanaman yang berada di pot sebaiknya pindahkan ke tempat yang lembab dan teduh.

8. Rawatlah Tanaman Seperti Merawat Diri Kita

Desain Taman Rumah Minimalis Terbaru
Tanaman juga sama halnya dengan manusia, saat mereka tumbuh pasti akan semakin besar dan berkembang. Potong  atur ranting-ranting yang tumbuh secara tidak teratur seperti halnnya rambut kita yang apabila semakin panjang akan semakin semrawut apabila dibiarkan begitu saja.

9. Menggantung dan Merambatkan Tanaman Pada Tembok

Desain Taman Rumah Minimalis 2017
Bila Anda tidak terlalu suka dengan tanaman merambat karena dianggap terlalu rindang, Anda bisa mencoba membuat rak-rak bertingkat dan gantungan pot untuk menempatkan pot tanaman. Ini adalah salah satu cara menyiasati terbatasnya lahan untuk taman belakang rumah Anda. Ada berbagai jenis tanaman merambat yang bisa Anda pilih. 

10. Berikan Sentuhan Warna Pada Media Tanam

Bahan utama sebuah taman didominasi oleh warna hijau dan warna coklat dari tanah, namun Anda juga bisa menambahkan sentuhan warna-warna lain yang cerah. Anda bisa memanfaatkan bunga-bunga dan daun yang mempunyai warna yang berbeda. Media tanam seperti pot pun bisa Anda berikan sentuhan warna-warna agar lebih indah. Menyusun taman sama seperti menata interior dan dekorasi rumah. Anda juga harus memperhatikan unsur warna agar taman terasa lebih indah dan nampak hidup.

11. Membuat Kolam Pada Taman

Desain Taman Depan Rumah Mungil
Tips terakhir adalah memberikan unsur air pada taman. Selain bagus untuk tumbuhan, unsur air pada taman juga akan memberikan kesan hidup. Anda bisa membuat kolam ikan atau air mancur, dan jika memang lahan yang ada sangat terbatas Anda bisa membuat aliran air disela-sela taman.

Contoh Desain Halaman Depan Dan Belakang Rumah

Desain Taman Rumah Yang Indah
Taman Belakang Rumah Minimalis

Taman Belakang Rumah Minimalis
Desain Taman Rumah Yang Indah

Desain Halaman. Terima kasih banyak kepada Anda yang telah mengunjungi website kami, kami berharap gambar ini dapat membantu apa yang Anda cari. Periksa artikel lainnya yang terkait dengan Desain Halaman untuk referensi ide wallpaper lainnya.

Jika Anda ingin mengunduh gambar ini dengan mudah silahkan ikuti caranya sebagai berikut :

Jika Anda Menggunakan Laptop/Komputer
  • Buka gambar yang ingin Anda unduh dengan cara klik kiri atau kanan
  • Lalu pilih "Open image in new tab"
  • Letakkan kursor pada gambar yang ingin di unduh
  • Lalu klik kanan pada kursor
  • Selanjutnya pilih "Save image as..."

Jika Anda Menggunakan Smartphone
  • Letakkan jari Anda pada gambar yang ingin Anda unduh
  • Lalu tahan jari Anda kurang lebih 3 detik
  • Selanjutnya pilih "Unduh atau Simpan Gambar"

Taman Rumah Minimalis 2017
Taman Rumah Minimalis 2017

Taman Rumah Minimalis
Taman Rumah Minimalis


DISCLAIMER

Semua gambar yang diposting di situs ini dipercaya ditemukan di ''public domain''.Jika Anda yakin bahwa salah satu gambar diposting di situs ini milik Anda dan tidak ingin untuk ditampilkan di situs kami, silahkan hubungi kami dan kami akan mengambil tindakan segera, kami akan menghapus gambar segera.Kami percaya banyak orang suka dengan dunia hiburan dan karena itu kami memberikan semua gambar tanpa keuntungan finansial dan tujuan tidak menjual, semua gratis untuk semua.

0 komentar